Selasa, 30 Mei 2017

Perlengkapan Bayi baru lahir




Hai Ibuk ibuk.....

Aku mau sharing ni untuk perKap apa saja yang perlu dibeli untuk persiapan bayi baru lahir.

Ini sekedar sharing saja ya bukibuk....

Murni dari apa yang saya alami kemarin.

Jadi begini, ...
untuk menyambut kelahiran anak pertama saya, sudah jauh-jauh hari saya persiapkan segala kebutuhannya.
Namun msalahnya... apa saja yang harus dibeli ? Berapa jumlahnya?

Awas ya bukibuk, jangan khillaf....
Biasanya ini nih yang terjadi ... mentang-mentang lagi happy, lalu semua dibeli.
Lalu jadi gak kepakai atau cuma sekali dua kali pakai .....
kan sayang ya buk ibuk....
mending anggarannya buat yang lain,

Nih buk ibuk, saya coba berbagi ya...

Perlengkapan yang WAJIB dan sekedar pelangkap

A. Pakaian Bayi (Newborn~2 bulan pertama)

1. Baju ,popok , celana


  • Baju tidur bayi dengan lengan ( 6 pcs)
  • Baju tidur bayi lengan panjang (6 pcs)
  • Popok kain bayi (12 pcs ~ 18 pcs) ---- hanya untuk satu bulan pertama
  • Celana panjang (12 pcs)
  • Celana pendek (6 pcs)


Untuk anak saya terutama sebulan pertama sengaja saya beri popok kain buk, karena saya merasa harus memantau BAK dan BABnya. dengan popok kain, saya tahu berapa kali frekwensi BAB & BAK. bagaimana warna dan tekstur BAB.


Ya... kekurangan pakai popok kain, ya capek harus bangun dan bergadang . Tapi saya lebih puas juga buk, ,,, Saya pkai pampers cuma saat saya dan suami benar2 sudah Batas limit perlu tidur, anak saya saya pakaikan popok sekali pakai . itupun cuma satu sesi(max 4 jam).

Tapi kembali lagi, silahkan pilih yang terbaik untuk anak ya bunda.





2. Bedong (12 pcs) ~ pilih yg nahan menyerap dan tidak panas ukuran min 100x90mm

Di beberapa penelitian terbaru, menuliskan bahwa bayi "TIDAK PERLU" dibedong. Saya perlu mengoreksi sedikit ya. Yang tidak perlu adalah BEDONG KETAT.


INGAT!!! tujuan membedong adalah agar bayi hangat. Sehingga perlu dipelajari teknik yang benar. Bisa di baca di post saya tentang bedong Bayi.

MITOS yang salahBayi dibedong agar kaki lurus.Kalau bayi digedong terlalu kencang, maka pertumbuhan bayi bisa terganggu. dan rawan terjadi sesak nafas. Kenapa? karena dengan membendong terlalu ketat, pergerakan perut dan dada bayi akan dibatasi, sehingga dia akan sesak. Ya... namanya bayi pasti belum bisa mengeluh, maka dari itu sebagai orang tua haruslah lebih peka. BEDONG MANUAL ATAU BEDONG INSTAN?Saat ini banyak beredar bedong instan yang ada perekatnya. Kalau saya sih pilih bedong manual.Kenapa? karena bedong manual itu MULTIFUNGSI. Saat bayi sudah agak besar dan tidak perlu bedong lagi, kain bedong bisa digunakan sebagai alas ompol, alas tidur, atau selimut. ya namanya emak-emak. yang efisien tetap dipakai.... hemat tapi  bermanfaat kan buk.


 
        3. Tutup Kepala (topi). (2~3 pcs) --> pilih yang sederhana dan nyaman.

hindari yang terlalu ramai aksesorisnya, atau yang banyak lipatan. membuat kepala bayi membekas.

Pilih yang bahannya lembut dan hangat. 

Kalau ingin modis, mungkin bisa untuk bayi diatas sebulan ya. yang diperlukan bayi baru lahir adalah kenyamanan dan kehangatan. 







4. Kaos kaki ( 4 pasang ) & kaos tangan (3 pasang)

Pilih yang karetnya kuat agar tidak mudah lepas. Kaos tangan cuma saya pakaikan di 2-4 minggu pertama saat bayi sering kedinginan. kalau bayi tidak dingin, sarung tangan tidak saya pakaikan. Why ? nanti kita bahas di post MITOS & FAKTA tentang bayi.









5. Selimut ( 1 pc )
             
 Salah satu perlengkapan wajib untuk bayi. 1 pcs itu minimal, kalau saya stok 2. jaga2 kalau yang satu basah. untuk selimut saya cuma beli 1 karena biasanya dapat kado. hehehe. Pilih yang bahannya lembut. Boleh pakai tutup kepala boleh tidak. Kalau yang tanpa penutup kepala bisa dipakai sampai besar. 

Merk Carter jadi favorit saya....










B. PERLENGKAPAN LAIN

1. Perlak bayi (2 pcs)

Cari yang ukuran besar sekitar 90x60 mm .

Saya pilih yang motif.
 terbukti awet .






2. Selendang gendong (1 pcs)
Untuk newborn saya lebih nyaman dengan selendeng gendong klasik. 









3. Potongan Kuku (1 set)
Pilih yang tajam dan khusus untuk bayi. karena bayi baru lahir pertumbuhan kukunya sangat cepat TUMBUH. pilijh yang ada kikirnya, agar kuku bayi tidak tajam.







4. Sapu tangan ( 3 pcs)
Untuk mengelap ASI saat minum. bisa digantikan dengan menggunakan tissu.

5. Tissu basah (2 pack)
Untuk membersihkan BAB bayi. Bisa digantikan dengan wash lap basah hangat (kalau ibu telaten).

Untuk tissue basah, pilih yang non pewangi dan non alkohol ya...




6. Popok Sekali pakai (kemasan kecil - pilih Ukuran Untuk NEWBORN (NB) )
Untuk bayi baru lahir Pilih yang model popok / perekat, jangan yang celana. agar lebih mudah membersihkan BAB. Untuk persiapan kalau ibu/bapak sudah limit lelah atau bepergian. Brand yang paling saya suka adalah sweety.  karena tidak apek dan lembut. 









7. Tas Perlengkapan ukuran besar (1 pcs) & Ukuran kecil (1 pcs)
Persiapan kalau akan bepergian.


C.PERLENGKAPAN MANDI

1. Handuk (2~3 pcs)
Pilih yang lembut dan cukup lebar.

2. Perlengkapan mandi (1 set)

  • Sabun & shampo bayi (2 in 1)

  • Baby cream

  • Bedak Padat bayi (Untuk bayi perempuan ) kalau tidak pun tidak masalah.

  • Minyak Telon (wajib)
  • Baby Oil
  • Cotton bud ukuran kecil


3. Ember mandi bayi
               Pilih yang bagian bawahnya rata. lebih aman buat bayi,

4. Wash Lap (2~3 pcs)
1 untuk membersihkan BAB, lainnya untuk mandi.


Tambahan yang saya rasa perlu gak perlu :
1. Kelambu bayi.-- saya pakai 1-1,5 bulan saja
2. Bantal peyang bayi --- saya pakai sampai 2 bulan. setelah itu bayi cuma saya kasih kain bedong sebagai bantal
3. Minyak serai untuk menghalau nyamuk


Pelengkapan p3k.

 1. Kompres instan (Bye bya fever infant)
2. Parasetamol drop (Merk sanmol paling murah tapi gak murahan)
3. Inhalant (PureKids Inhalant Decongestant Oil)
4. Balsam Bayi ( tRANSPULMIN)
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan berkomentar dengan baik