Rabu, 16 November 2016

Hamil 11 minggu , Perut masih rata

Key Point
   Hamil 11 minggu
   Perut Rata
   Tanda kehamilan sehat


Wanita mana yang tidak bahagia kalau dinyatakan hamil?
:p ya itu mungkin wanita yang tidak mengharapkan kehamilan.

Hari ini kehamilanku sudah 10W6D. 
Namun kenapa ya perut masih Rata aja...
Belum Buncit kaya orang hamil.
Tinggi badanku 168, BB sebelum Hamil 57 kg.

Karena rasa penasaran.... akhirnya jari-jarilah yang mencari tahu melalui internet.
Why?
Why?
Why?

Dan.... aku menarik kesimpulan sendiri dari banyaknya artikel yang kubaca.
1. Kondisi setiap wanita hamil berbeda-beda. itulah yang menyebabkan bentuk perut juga berbeda.
Wanita dengan  berat badan yang melebihi ideal, cenderung kehamilannya kelihatan lebih besar.
2. Anatomi perut masing-masing wanita hamil berbeda ya ... jadi ada yang rongga perutnya besar, ada yang kecil. itu juga mempengaruhi bentuk perut wanita hamil.
3. Kondisi kehamilan, yang dimagsud di sini , adalah perbedaan posisi rahim serta kondisi air ketuban,

Jadi, selama berat badan Janin normal.
tidak perlu khawatir ya mengenai bentuk perut...
Toh yang penting kondisi bayi dalam kandungan .

Kalau belum kelihatan, bersyukur saja, berati kan bisa memakai baju yang biasa. hehehehe....

Indikasi kesehatan janin adalah dari hasil pemesiksaan ya. jadi jangan menduga-duga, atau hanya percaya dan menelan mentah-mentah informasi yang diperoleh di internet.
Pastikan pada tenaga medis, entah bidan atau dokter.
Karena bagaimanapun ilmu itu difungsikan untuk menunjang kehidupan manusia.

Berat badan, Ukuran, kondisi air ketuban, organ bayi lengkap, dll merupakan indikasi kondisi kehamilan.
Kalau perut rata atau buncit, badan gemuk atau langsing, mual atau tidak, semuanya adalah BONUS rasa bagi setiap ibu hamil.

"Kehamilan adalah anugerah Tuhan. Perlu dijaga dan diperjuangkan. Hal pertama yang saya lakukan saat saya hamil adalah berdamai. Ya, berdamai dengan kondisi tubuh saya yg nantinya akan berubah, berdamai dengan masa lalu saya, dan berdamai dengan masa sekarang. Menjalin hubungan yang baik dengan SEMUA orang, bersilaturahmi dengan semua orang adalah bagian dari perjuangan saya. Meminta maaf pada orang lain juga bagian dari perjuangan itu. Karena saya percaya, Dengan hati dan perasaan yang sehat, maka Tubuh saya akan menjadi lebih sehat, Tubuh yang sehat akan membuat anak yang dikandung Sehat. Puji Tuhan, entah kebetulan atau tidak, anak saya selalu sehat dan tidak pernah ada keluhan apapun dalam kehamilan ketiga saya. "


Jumat, 16 September 2016

Waiting for the Miracle... Program Hamil dengan Obat penyubur

Key Point
  Promil 
  setelah 1 tahun 8 bulan menikah
  Obat penyubur kandungan
  Ovulasi & anovulasi
  Fertin & santa-E
  Alergi bentol-bentol

Bulan september ini adalah bulan yang indah.
Itulah yang aku tanamkan dalam hatiku....

Setelah hari-hari untuk menanti buah hati,,,, maka sampailah kami berdua di waktu ini.
1 tahun 8 bulan setelah kami menikah.
Waktu berjalan begitu cepatnya...
Namun bagi kami perjuangan untuk memperoleh kepercayaan dari Tuhan untuk hadirnya buah hati di keluarga kecil kami merupakan hal yang selalu kami lakukan.

Sebuah Ikhtiar......

Dengan riwayat 2 kali gagal hamil ,, (yang pertama BO, dan yang kedua KET),
menjadi perjuangan tersendiri bagi kami untuk terus optimis.

Bulan ini, setelah proses diathermi selesai ( bisa dibaca tentang diathermi di tulisan saya ini).
saya memutuskan untuk kembali konsultasi ke SpOg.
Kenapa harus ke SpOg dan tidak sabar saja menunggu diberi buah hati??
Mungkin ada yang bertanya seperti itu, namun ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya.
1. LEARN . Belajar dari banyak pengalaman orang lain,Saya berusia 27 tahun , tahun ini. Menjadi semakin riskan seandainya terjadi kelahiran pertama diatas usia 30 tahun.
2. Get the information from the Expert. Saya benyak penasaran tentang banyak hal mengenai "punya anak" . yang terkait dengan kesuburan, banyak orang menasehati saya dengan bermacam-macam cara agar hamil , petuah-petuah, dll.... daripada termakan mitos yang malah salah kaprah dan membahayakan kesehatansaya dan untuk menenangkan hati, saya mencari Sumber yang Valid yaitu seorang Dokter.
3. Be patient.  Ini adalah ikhtiar kami berdua...

Setelah operasi KET, silus mens saya termasuk panjang, antara 35-40 hari.
Itu menjadi kekhawatiran tersendiri buat saya.
Saya jadi bingung kapan waktu yang tepat untuk "bercinta" ... karena menghitung masa suburnya saja susah.
*** Pakai sistem kalender? sudah saya terapkan
*** Pakai Uji ovulasi ? Juga sudah. Ber pak-pak bungkus uji ovulasi sudah terbuang sia-sia.
***Ukur suhu basal tubuh? Lha... ini yang sulit karena seringkali saya demam atau sakit atau suhu tubuh saya berubah sesuai dengan cuaca saat itu... hehe..jadi tidak konsisten

Namun Puji Tuhan tidak ada keluhan lain Pasca KET. haid normal dengan tanpa keluhan berarti .
Kecuali PMS, kalau itu sih biasa....

Haid adalah waktu yang paling saya tunggu-tunggu.
pengen segera haid ... segera haid....
tapi si haid gak datang-datang.
Setalah haid yang ditunggu-tunggu akhirnya setelah 38 hari dia datang jugaa.....
jeng...jeng....
Di hari Ke-2 Haid saya sudah diantar suami ke SpOg, tapi antrinya .. ya ampuuuunnnnn.........
bikin pusing kepala.....
Mungkin tanggal muda kali ya..

Kemudian diputuskanlah kami tidak jadi periksa di hari itu.

Hari Ke-3 (haid)
saya ke SpOg sendirian,,,,( T.T) suami masuk kerja di hari sabtu.
tapi tidak masalah sih buat saya....
setelah menunggu hampir 1,5 jam...
akhirnya giliran saya pun tiba.. suster memanggil saya untuk diukur tekanan darahnya.
lalu ditanya-tanya riwayat hamil kapan? kuret kapan? KET kapan?
ihhh.... bikin BT aja nih.
saya thu sudah bilang ,"Mbak lihat di riwayat kesehatan saja, saya dari awal konsul disini kok, jadi saya lupa tanggal atau bulan kejadiannya."
sudah bilang githu masih ditanya lagi.. " kira-kira aja bu, bulan apa ya?"
"Heloooww.... Saya thu gak ingat ya gak ingatttt.." bikin BT nih si mbaknya...

Ok ...next. skip aja percakapan dengan si mbak suster atau bidan yang ngeyel itu.

Ketemu pak Dokter

Saat masuk ruang Periksa, sudah disambut  si dokter.
"Halo mbak, gmn sudah selesai proses diatherminya kan? kamu udah dithermi kan?"
Nah lho... ni dokter aja inget saya.
kemudian saya pun curhat tentang kok gak hamil-hamil. Curhat pula kenapa siklus mens saya panjang banget....
Si Dokter memberi saya jadwal untuk "bercinta" dengan kondisi haid rata2 38 hari.
dan wooow banget buat saya schedule itu. karena dengan siklus yang panjang maka ovulasi lebih sulit diprediksi. saya dan suami harus "bercinta" selama sekitar 20 hari (selang-seling).
It's more than 2 weeks... amazing ....
Kalau buat pasangan baru nikah sih mungkin okey yah.... semangat dan stamina masih full...
Tapi kalau buat sekarang... hehehe... pikir-pikir lagi. Karena terhalang dengan kesibukan(kalau pas shift malam) , kesehatan, atau juga pikiran.

"karena untuk memperoleh kehamilan, harus rajin dan konsisten. kalau kalian kelewatan sehari saja, udah dianggap gagal. Seltelur hanya bertahan 24 Jam... ingat..cuma 24 jam ya mbak"
begitu kata dokter...

Okeylah... saya minta opsi lain ke dokter.
Opsi kedua adalah diberi penyubur atau obat perangsang pertumbuhan dari folikel.
dan langsung deh saya pilih opsi kedua ini.
Obat apa yang diberikan ?












Lalu saya diresepkan obat FERTIN untuk diminum 2x1 selama 5 hari sejak hari ke-3 haid.
Saya juga diresepkan vitamin E (santa-E) untuk diminum selama 30 hari 1x1.
Untuk tambahan saya sendiri sudah konsumsi Folavit 400mg sekali sehari.
Kapan jadwal bercintanya?
dan untuk jadwal "bercinta"nya cukup 14 hari. dimulai hari ke-11 selang seling sampai hari ke-23.
setelah itu harus vacuum untuk antisipasi kalau terjadi kehamilan.

Apa efek samping dari Fertin atau Vitamin E?
untuk efek sampingnya macam-macam tergantung dari reaksi dan kondisi tubuhnya ya bunda... bisa dibaca di sini
Untuk efek samping yang saya rasakan (kalau dikaitkan dengan riwayat kesehatan saya).
1. Muncul reaksi alergi, entah pada Fertin, atau santa-e. Ini masih kemungkinan ya ....
jadi timbul Bentol-bentol seperti kena ulat bulu.
Bentol itu muncul di area kaki biasanya. Awalnya kecil , tapi kalau digaruk, lama-lama jadi besar dan melebar. Untuk antisipasinya, saya kasih yang hangat-hangat. saya kasih minyak telon.
Agak risih sih... tapi karena baru Promil dan masih bisa ditahan, saya tidak minum obat anti alergi karena takut. hehehe

 Emang seperti biduran sih....










Kalau dibiarkan 1-2 jam hilang sendiri kok...
jadi ya sudahlah... saya biarkan.

Gatal ini berlangsung beberapa hari, tapi tidak konsisten.



2. Mual, 2 hari saya mengalami mual seperti masuk angin, seperti hamil.
Tapi kalau dipikir-pikir, tidak mungkin saya hamil . lha wong ovulasi saja belum tentu terjadi, masak udah ujug ujug hamil.... hehe... jadi kesimpulan sementara saya adalah efek samping obat.

3. Reaksi alergi.
Reaksi alergi munculnya ya seperti bentol-bentol di atas. Ditunjang dengan 2 kali bibir terasa pana, lalu bentol seperti digigit semut. sediit bengkak (iihhhh... pokoknya gak seksi deh ni bibir).
tapi ini cuma berlangsung singkat dan tidak mengganggu, jadi saya biarkan.

Semua gejala di atas saya rasakan. Tapi untuk penyebab pasti apakah alergi obat atau bukan, saya tidak bisa mengeambil kesimpulan. karena masih banyak faktor lain....
Jadi belum tentu ya bunda... cuma sekedar sharing saja.

Tambahan, setelah konsultasi dengan pak dokter : katanya mungkin itu alergi Vitamin E nya.
Umumnya memang begitu .

Jadi buat bunda yang merasakan alergi terhadap suatu obat, jangan segan komunikasikan dengan dokter ya.

Dan jangan minum sembarang obat kalau lagi program hamil. Memang kalau waktu biasa obat tidak memberi efek samping, namun saat kita program hamil, sesedikit apapun zat kimia (termasuk obat) ke dalam tubuh kita sangat berpengaruh lho.... jadi sebelum minum obat apapun, konsultasi lebih baik,

Kapan obat Fertin diminum?
Dokter meresepkan untuk minum Fertin 2 tablet x 1 kali sehari  selama 5 hari. Dimulai dari hari ke 3 haid.

Untuk apa Obat Fertin diminum?
menurut beberapa artikel yang saya baca, fertin merupakan salah satu jenis Klomifen sitrat alias clomiphene citrate. obat ini populer sebagai obat untuk memicu perkembangan folikel agar segera terjadi ovulasi.   Prinsip induksi ovulasi adalah merangsang perkembangan folikel sehingga terjadi proses ovulasi pada hari ke-13-15 setelah haid. Bila ini terjadi, menstruasi akan terjadi dua minggu kemudian. JIka digunakan sebagai induksi kehamilan, maka diharapkan sel telur tersebut akan dibuahi oleh sperma sehingga terjadi proses kehamilan.

Tentang Obat Fertin... 
Fertin merupakan golongan obat Keras jadi buat bunda yang ingin mengkonsumsi, harus dalam pengawasan dokter ya... 
Obat ini juga tidak boleh dikonsumsi lebih dari 6 siklus.
Itu adalah apa yang saya dapat dari beberapa artikel. Untuk jelasnya, bunda bisa tanya langsung ke dokter kandungan ya...


Itulah proses prgram hamil yang saya jalani bulan ini ...
semoga Bulan ini Tuhan beri kepercayaan pada keluarga kecil kami...
untuk segala usaha dan perjuangan , semua adalah proses.

Doa kami, semoga semua pasangan yang saat ini memperjuangkan untuk kehadiran buah hati di tengah keluarga mereka.
Selalu semangat dan yakin bahwa Rencana Tuhan adalah yang paling indah.
Apapun itu.
Bahwa mereka tidak sendiri, karena banyak orang mendoakan mereka. 

Berbahagialah dengan hidup sekarang.
Berbagi ceritalah mengenai kesedihan dan program hamilmu pada orang lain , terlebih pada yang sama-sama sedang program.
Karena itu saling menguatkan...
Tidak perlu malu pada semua usahamu yang mungkin masih belum berhasil.
Tidak perlu putus asa.
Dan jangan sedih kalau ada yang berbicara kurang nyaman di hati.
Karena sebenarnya semua orang di duamia ini adalah baik dan berharap yang terbaik untuk kita.
hanya mungkin kata yang terucap kurang pas.

Semoga semua bahagia

Tuhan memberkati.
















Minggu, 11 September 2016

Jalan-jalan Ke Bandung (Part II)

Liburan Idul Adha ini benar-benar wow...

Keinginan untuk pulang kampung begitu besar. Rinduuuu banget sama kampung halaman.
Pengen pulang Klaten.
Pengen mandi di Cokro...
Pengen ke Tawangmangu...
Pengan ke Jogja..
Pengen ke ambarawa, ke Gua Maria Kerep.
Pengen Ke Gua Maria Sriningsih.

Tapi apa daya.. tak bisa dipenuhi sekarang karena beberapa alasan. hiks... sedihnya....

Yasudahlah,,,,

Akhirnya si mas bojo mengajak saya ke Bandung saja.
Oke lah... well.... Bandung tidak terlalu jauh untuk dikunjungi.
Perjalanan dari Cikarang kami tempuh 1 jan 15 menit.
Masuk pintu tol Deltamas lalu keluar toll Pasteur , perjalanan kami sangat Lancar di dalam jalan Toll.
Kami berangkat pukul 9 pagi . (padahal rencananya pukul 7._.) ya.. tau sendirilah, Malas Gerak banget kalau libur bawaannya.

Well... sampailah kami di Bandung untuk makan siang.

Tapi karena perut belum terlalu keronconngan , kami mau menjalankan beberapa misi kami.
Hahahaha....
betul, karena saya termasuk korban Instagram,... saya ingin membuktikan apakah yang di foto foto instagram yang sangat HITS itu benar-benar seindah itu??
1st Destination
Puncak Punclut.
Di liburan Bandung Part i saya pernahg ke Punclut di waktu malam hari. Jadi ceritanya karena kesasar sama si mas Bojo juga , kami makan malam deh di Punclut.
dengan suasana dingin nan syahdu... eaaa......
Sambil lihat pemandangan malam lampu di Bandung dari ketinggian.
Okelah... good view.
Saat ini, kami mau lihat punclut di siang hari. seperti apa sih???
Dengan melalui exit Tol pasteur, kami mengikuti kemana GPS mengarahkan kami.
kami tidak lewat Dago Giri, tetapi lewat jalan pintas melewati area perumahan mewah .
Saat melintas di gerbang , kami dipungut 5000. kelihatannya itu tidak resmi, tapi biarlah... demi menghemat waktu. karena kalau lewat dago, macet parah boo....

Jalannya lumayan halus saat melewati perumahan. Namun setelah masuk ke Jalan Punclut, jalan mulai off road.. hehehe...
Tips bagi yang memakai mobil, pastikan kondisi kendaraan anda prima.
Periksa Rem dan radiator serta mesin. Karena perjalanan ke atas benar-benar perjuangan.
Kecuali kalau kendaraan anda memang didisain untuk off road.

LERENG ANTENG
distinasi pertama di Punclut. ternyata kalau siang hari di sana panas banget. Gak recomended deh ...
karena kami bukan tipe yang suka panas berjemur di bawah terik matahari, kami tidak jadi makan di situ....
dan kesimpulan untuk tempat ini, tidak seindah di Foto. (cukup sekali ini saja).

Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju Air terjun Maribaya.
AIR TERJUN MARIBAYA.
Kalau teman-teman browsing tentang wisata di bandung, Maribaya pasti akan muncul.
Jadi, begitulah misiku dan suami. pengen lihat, apa maribaya seindah di foto-foto.
Dan.... eng ing eng...
Disana ada banyak step . maksudnya, ada beberapa tahapan pemberhentian wisata. di tiap pemberhentian ada curug maupun goa.
Setelah berdiskusi dengan suami, akhirnya kami hanya di curug pertama saja.
Jaraknya sekitar 1km dari tempat parkir.. Lumayan juga buat yang jarang olahraga bisa jadi ngos ngosan. Tapi tenang saja, ada ojek buat kalian yang benar2 malas berjalan kok.

Udara di sini sejuk. benar-benar udara khas pegunungan.
Sedikit dingin membuat ingin berlama-lama.

dan here we are....

Sampai di pemberhentian pertama...
tapi sayang , air terjunnya terjal dan tidak bisa untuk main air.
Hanya bisa duduk2 di taman menikmati suasana.
sambil lihat monyet-monyet di atas pohon.


monyet


air terjun yang terjal

jalan menuju air terjun sudah bagus (sampai pemberhentian pertama)
Saran dan tips: Sebaiknya bawa bekal air minum yang cukup ya....




Jumat, 22 Juli 2016

Memasak Sambel Tumpang Kediri



menurut saya Memasak adalah sebuah keahlian ,
dan tentu saja sebuah anugrah.
Kenapa saya bilang anugrah , karena ada beberapa orang yang memang dikaruniai skill memasak.
Bumbunya apa aja..masakannya tetap enak. hahaha

Tapi saya bukan orang seperti itu...

Maka saya selalu mencoba dan mencoba walau selalu gagal.. tidak masalah..

Hari ini saya akan share cara memasak "Sambel Tumpang" resep dari mertua...

Buat teman-teman yang belum tahu, Sambel Tumpang merupakan salah satu masakan yang dibuat dari tempe yang dilembutkan.

Karena saat masak tidak sempat ambil gambar, jadi gambarnya sedanya dulu. next trial di perbaharui lagi....

Okey... Let's cook

Siapkan Bahan-bahannya

REBUSAN

Tempe setengah busuk 
Kalau tempe plastik yang besar, kira-kira separo saja.
Potong potong menjadi beberapa bagian agar mudah direbus.







Bawang merah 5 butir 
Bawang Putih 3 ~ 4 butir
Cabe rawit 5 buah (Kalau mau pedas tambahi lagi)
Kencur 1 cm
Daun salam 3 lembar
2 butir kemiri


Bahan Rebusan kemudian direbus dengan air selama 15~20 menit dengan api sedang atau kecil.
Hati-hati luber saat merebus.

Buang air rebusan.




HALUSKAN
Semua bumbu dan tempe yang telah direbus dan dibuang airnya kemudian dihaluskan.
Haluskan secara manual , jangan pakai blender ya... karena cita rasanya akan berbeda.
Langkah pertama yang dihaluskan adalah bumbu-bumbunya, baru terakhir tempe.

Tempe tidak perlu terlalu halus,...










REBUS
Setelah bahan dihaluskan, Rebus semua bahan (termasuk daun salam)
Masukkan ke dalam panci lalu rebus dengan air (jumlah air sesuai selera).
Kalau mau encer, tambahkan air agak banyak. kalau mau kental, cukup sedikit saja.
Tambahkan bumbu pelengkap.
Santan Kara 1,5 bungkus kecil (atau dari kelapa parut 1/2 butir).
ketumbar bubuk 1 sendok teh.
Gula jawa atau gula aren 1 cm (atau sesuai selera)
Masako ayam 1/2 sacset (atau sesuai selera). Kalau saya malah tidak pakai ... hehehe
Garam secukupnya.


rebus selama 15~20 menit .

cicipi ....

Taaadaaaa....... Sambel tumpang siap dihidangkan.

sebagai bahan pelengkap, biasanya disuapkan sayuran matang atau Kulupan.

Kulupan
Kecambah/Toge cuci bersih
Daun bayam , Cuci
Kacang panjang , potong 2 cm. Cuci
Sayuran lain .....
Semua sayur setelah dicuci bersih di kukus (di dang) sampai cukup empuk sesuai selera.
Sya lebih suka dikukus karena kandungan vitaminnya tidak larut ke air.


Selamat mencoba.......




Jumat, 17 Juni 2016

masak Buntil daun Pepaya

Karna ada request dari suami agar aku masak Buntil, akhirnya dengan pengalaman pas-pasan, dan dengan didukung jaringan internet yang agak lemot akhirnya saya memutuskan memasak BUntil.


Sebagai pemula, yang tidak tahu "Apa itu buntil" .
Saya baru tahu bahwa buntil itu sejenis makanan dari daun singkong atau daun pepaya yang isinya kelapa dibumbui, kemudian dimasak menggunakan santan.

Sebagai pemula ,
berikut cara memasaknya  : Let's try and taste
1. Siapkan daun pepaya 20-25 lembar (kalau bisa yang lebar ya).
      Pisahkan daun pepaya dari batang. Cuci bersih.
      Rebus daun pepaya dalam air yang diberi garam 2-3 sdm.
      Rebus sebentar sampai daun layu.
      Diamkan sampai air tidak panas lagi.
      Buang air rebusan dan peras daun pepaya.
      Cuci dengan air bersih sambil diremas-remas. Ulangi 2-3 Kali
      Catatan : Saat proses, jangan sampai daun pepaya sobek ya.....




















2. Siapkan satu butir kepala yang masih sangat muda.
Kemudian diparut.
Siapkan bumbu Bawang Merah 4 butir, Bawang Putih 5 butir, Kencur , Jahe, Cabe merah keriting 4 buah, Cabe rawit 3 buah. 
Haluskan
Tambahkan Garam , gula jawa. Lalu cicipi.
Campur dengan kelapa yang telah diparut. Cicipi hingga rasa pas.












Jumat, 03 Juni 2016

Membuat arem-arem

Memasak nasi
1. beras 3 takaran mangkok rice cooker , dicuci bersih, lalu di kukus selama 20 menit .
 >>> Opsi : Beras di rendam selama 1 jam .
2. 3/4 butir kelapa yang sudah tua diparut, ambil airnya. Tambahkan air sampai kira-kira 1 liter.
3. Panaskan santan sambil diaduk, sampai mendidih. 
    Tambahkan garam secukupnya.
    Tambahkan daun salam 5 lembar.
    Tambahkan bawang merah (4 siung) +
     bawang putih (3 siung) yang diiris-iris.
    Masukkan beras yang sudah di kukus.
    Aduk sampai matang seperti bubur/nasi lembek. 
          (air kering)
    Tutup panci, biarkan.
4. Dinginkan bubur nasi.

catatan penting : Perbandingan beras dan santan harus pas.  ukuran santan kira2 2 ruas jari kalau diukur.


Membuat isian..
1. Siapkan hati ayam 4 pcs (termasuk empela) yang sudah dicuci dan dibersihkan.
2. Rebus hati sampai air mendidih kira2 10 menit. Cuci bersih hati, tiriskan.
3. Siapkan cabai merah besar 2 buah, cabai rawit 4 buah (atau sesuai selera), cuci, hilangkan bujinya, lalu potong kecil-kecil. Rebus dengan air selama  5 menit. Tiriskan .
3. Potong-potong hati yang sudah direbus, tiriskan.
4. Haluskan bumbu  yang di nomer 3, bawang putih 3 pcs, kemiri 2 butir, bawang merah 1 butir.
5. Sangrai bumbu halus, tambahkan salam 2 lembar dan laos 1 cm.
6. Masukkan hati yang sudah dipotong-potong.
7.  Tambahkan garam dan gula  secukupnya.
8. Tambahkan santan dari 1/4 bagian kelapa (santan kental). agar lebih gurih.
8. Tambahkan air bila diperlukan. 
9. Masak sampai kuah mengering. Tiriskan.

catatan penting : Buat isian arem arem dengan rasa yang mantap, lebih pedas, lebih asin, lebih manis, karena saat menjadi arem-arem, isian akan berkurang rasanya.

Membentuk arem-arem.
1. Siapkan daun pisang, sebaiknya dilayukan agar tidak pecah. bersihkan dan dilap.
    Cara melayukan bisa di panasi di atas api atau dijemur.












2. Bungkus nasi dengan ukuran secukupnya. Beri isian dengan jumlah yang banyak agar rasa mantap. bungkus  dengan daun pisang.





















3. Semat dengan lidi. (sebaiknya jangan memakai streples karena bahaya bila tertelan atau ada potongan yang masuk)

4. Kukus selama 30 menit - 60 menit.

catatan penting : Saat membungkus arem-arem. nasi sambil ditekan2 agar padat. kalau tidak padat, maka setelah di kukus bisa menjadi lembek.




















Arem-arem siap disajikan.
Bisa menjadi kira-kira 15 bungkus.

Revisi 1 : 5 juni 16 






Sabtu, 28 Mei 2016

Jalan-jalan Ke Bandung

28 Mei 2016

Jalan-jalan santai sama suami..
Kali ini tujuannya adalah Bandung...
Here we are...

Kami berangkat dari cikarang pukul 08:00 pagi.
sampai di Bandung kota jam 10:30. Masih terlalu awal untuk check in ke Hotel.

Bandung memang kota kuliner. Aku akui itu. dan aku sangat setuju dengan itu.
Disinilah kami dengan hasrat berkuliner...

1st time yang paling Dekat adalah SATE HADORI .
banyak sekali cabang sate hadori di bandung.
Saya lupa dimana dulu saya makan. tapi yang jelas satenya empuk.
Enak rasanya...




















Malamnya kami menginap di Hotel Bumi Sawunggaling.
Hotel lama sih, namun menurut saya masih terawat dengan baik. So far untuk harga dan pelayanan masih seimbang.
Lokasi hotel ini juga enak, di titik yang tidak terlalu macet, namun mudah ditemukan.

Parkiran mobil juga luas sehingga tenang kalau memarkir mobil malam hari.

Sore hasi setelah tidur siang dan tenaga kembali pulih...
kami mulai mencoba beberapa kuliner di bandung, sebut saja makan sore. Hehe
Karna belum terlalu lapar, kami memilih menuju Angkringan Oink Oink.
Tempat makan tidak halal yang menyajikan konsep angkringan.
Nasi dibungkus seperti nasi kucing, tapi tentunya lauknya bukan ikan asin, Tapi daging babi yang dimasak aneka masakan.
Untuk list harganya
      Satu bungkus nasi+babi dimasak aneka rupa   : Rp 3.500,-
      Sate jamur yang dibumbui dan dibakar            : Rp 4.000,-
      Semacam gorengan (aku lupa namanya) seperti otak2   :Rp 5.000,-
     dan menu lainnya lagi.....
Masakannya enak.... cocok di lidah. Apalagi sambalnya yang jangan sampai kamu lewatkan ya...
Pedas dannnn.......nikmat banget.
Jam buka dari jam 11:00- 21:00
Lokasi : Jl Panaitan No 7.
Tempatnya masih kecil sih, tapi enak pokoknya.
Bisa hubungi cicinya via 08112211595 (tlp/wa)
Kalau penasaran , bisa buka di FB nih...
https://www.facebook.com/angkringan.oink2/

Sedikit terisi oleh makanan nikmat ini kemudian kami lanjutkan penjelajahan kami...
Selanjutnya adalah tempat yang sudah Populer di Bandung.
Jalan Cihampelas.
Setelah parkir di Citiwalk (yang penuhnya minta ampun...)kami menyusuri jalan Cihampelas, yang katanya kondang dengan baju murahnya.
Tapi menurutku biasa saja sih bajunya, malah tidak terlalu bagus-bagus.
Cuma saat itu aku dan suami kebetulan menemukan yang kami cari. hehehe..

Setelah beberapa jam jalan-jalan, kami pun mulai lelah...
saatnya makan malam . ini yang kami tunggu-tunggu.

awalnya tujuan kami adalah mencari Nasi Gireng Babi di daerah cibadak, tapi setelah menyusuri dengan petunjuk GPS dan web, tempat yang kami cari tidak ketemu. :(
Tapi..........
I found new world here....
Tempat mencari makanan babi (makanan tidak halal) di Bandung is.... Jalan Cibadak.
Di sepanjang jalan ini berderet warung-warung yang menjual berbagai olahan sate babi, babi kecap, swekee kodok, ,dll... Hampir semua warung didirikan di emperan toko.
Jalan cibadak ini bisa menjadi wisata kuliner malam bagi yang mencari makanan berbahan dasar babi atau yang tidak halal lainnya.
O iya... Kawasan ini juga sering disebut pecinan'nya Bandunglho.
Karena ya ... aku tidak tahu.
Hehehe...
Yang jelas,,, sangat sulit mencari parkir di daerah ini, karena penuuuuhhhhhh.

Namun kali ini , kami sengaja melewatkan kuliner di wilayah ini.
Kami mulai beranjak dari kawasan yang menggoda perut.... Menyusuri jalan yang mulai sepi, kamipun menuju tempat makan yang sudah kondang di Bandung lainnya.
Tempat makan yang katanya buka 24 Jam menjadi tujuan kami,
Nasi Kalong.


Dinamakan Nasi kalong karena buka di malam hari, (seperti kalong / kelelawar) itu sih menurutku...
Disini yang spesial adalah Nasi merah.
Disajikan dengan berbagai macam lauk yang tentunya Halal.

Ada ayam dimasak aneka rasa, ayam goreng, Daging sapi, dan sayur buncis.
Harganya mungkin agak mahal menurut saya.
Bukan untuk kantong pelajar irit...hehehe. tapi sekali-kali bolehlah mencoba.
Kalau sekali juga gak bikin kantong bolong.



Menu nasi merah dengan berbagai lauk.



























Menu di atas menghabiskan biaya
           Rp 36.000 (kiri) , Nasi separo, dendeng sapi, sayur buncis.
           Rp 40.000 (kanan) . Nasi utuh, ayam sambal ijo, seperti otak-otak 3 pcs, sayur buncis.

Disarankan bagi yang makannya dikit, bisa minta porsi separo, karna makan nasi merah udah bikin ekstra kenyaaaaang......

Bagi yang tidak suka nasi merah, bisa pesan nasi putih juga kok.  

1st day finish... pulang dengan keadaan kenyang membuat semakin ngantukkkk.
Sampai hotel langsung Zzzzzzzzzzzzzzzz........
==============

2nd Day.
Niatnya bangun pagi langsung ke Ciwidey, tapi apa daya, suasana Bandung yang dingin membuat kami malas bangun, Alhasil jam 9 baru selesai sarapan di Hotel.
Kami pun langsung check out saja....

Next distination is .............. Tahu susu Lembang.
Tempat ini berlokasi di kawasan lembang.
Kebetulan lalu lintas hari ini tidak terlalu padat. Perjalanan kami tempuh 30 menit dari bandung Kota.
Di tempat ini ada berbagai macam olahan kedelai, tapi yang paling khas adalah tahu susu.
Kalau mau buat oleh-oleh, bisa beli tahu susu yang masih mentah. Ada 2 variasi.
Tahu putih panjang, Tahu putih kotak, dan tahu kuning.

Satu kotak tahu susu dihargai 15.000, susu kedelai cimory Rp 4.000



Setalah belanja sedikit oleh-oleh... dilanjutkan ke tujuan terakhir kami ...
Selain wisata bahagia, dilanjutkan Wisata Rohani. Gereja Lembah Karmel.

Guanya emang kecil namun dipadukan dengan suasana bukit menjadi sangat teduh dan menyenangkan.Disini menemukan suatu ketenangan tersendiri.
Namun tak jarang jika kurang beruntung, ada saja yang iseng bicara keras atau bikin gaduh.

The last ....
Sebenarnya pengen mampir ciater, tapi berhubung badan sudah capek...maka lanjut pulang ke cikarang via Subang , Gerbang Toll Subang.












Rabu, 20 April 2016

Proses HSG

Kali ini saya akan sharing tentang pengalaman saya HSG di salah satu rumah sakit di Cikarang.

Setelah melalui hari-hari pemulihan fisik dan mental pasca operasi KET.
Akhirnya datanglah hari yang dinanti-nanti...
Haid Pertama...
Duh, senengnya..... seneng banget si M datang tepat di hari ke-40 pasca Post KET.
Pokoknya seperti menanti sesuatu yang belum pasti... begitu nongol...seneng banget deh.

H1 (Haid hari pertama)
Hari ini jadwalnya kontak si pak dokter yang nangani operasiku dulu, sebut saja Dokter M.
Karna rencananya Si dokter mau ngatur siklus Haidku dengan obat.
Makanya pas hari pertama langsung deh konsul via sms ke pak dokter.
Alhasil, pak dokter M nyaranin untuk ngatur siklus Mens dengan pil KB selama 3 bulan.
Pakai Microgynon dikombinasikan dengan Dismeno tablet 2x1 tablet selama 3 bulan ke depan. Setelah itu di program untuk kehamilannya. Begitu jawab Pak dokter M.

"Waduh...pil KB ??? "pikirku.
Aku ragu banget buat konsumsi pil KB, apalagi aku belum pernah Hamil dan melahirkan....
Gimana kalau gak hamil-hamil??
Banyak banget keraguan dan pertanyaan dalam otakku.

Kalau aku sih lebih ingin HSG dulu baru diatur haidnya. atau malah gak diatur jg gak papa.. penting normal...

Tapi suami gak setuju kalau aku HSG. Takut kalau luka di dalam belum sembuh trus bahaya. Jahitan sobek, gak sembuh-sembuh, dll....

Setelah perdebatan panjanggggg dengan suami tercinta (karena masing-masing dari kami mempunyai pendapat berbeda).. akhirnya diputuskanlah kami sore itu pula konsul ke Dokter langgananku yang di Cikarang.

Setelah bercerita tentang proses operasi KET ku,
si Pak dokter langgananku, dokter H meyarankan buat HSG terlebih dahulu.
Beliau menyarankan tidak memakai obat-obatan karena dikhawatirkan malah mempengaruhi hormonal alami saya. akhirnya diberilah saku rujukan untuk HSG.

KAPAN?
HSG dilakukan hari ke 9-12 dihitung sejak hari pertama haid.

Jadi, saat hari ke 5 , aku membuat jadwal dengan bagian Radiologi, karena dokter nya harus diberitahu dulu.
akhirnya di hari ke-12 aku datang ke rumah sakit.


H-12 (Hari ke 12 dari hari pertama haid)
Setelah ijin dengan pak Bos, jam 15:00 aku meninggalkan kantor... dijemput suami tercinta langsung cuzzz ke RS.
Hari ke 5 haid aku sudah buat janji dengan dokternya, jadi pikirku sampai di RS bisa langsung ditangani.
Sampai disana , daftar lagi ke Radiologi. Suruh cari obat buat ngurangi rasa sakit.
Saat itu disuruh Cari Tramadol Subb. Tapi setelah muter2 apotik, ternyata obat itu gak ada.
Akhirnya balik lagi ke RS, diganti dengan Thermal. 
Kebetulan obat ini bisa dibeli di rumah sakit, jadi tidak perlu muter-muter lagi.

Sebelum HSG ternyata wajib test lab dulu. Padahal sebelumnya petugas Radiologi gak bilang apa-apa. Hmmm.....
Lalu aku ke bagian Lab, test darah. aku lupa apa namanya. Ada 2 jenis yang di test. Tapi intinya dari test lab itu agar diketahui dan dipastikan bahwa tubuhku aman untuk menerima obat/cairan yang akan dipakai untuk HSG.
Test Lab habis sekitar 100rb an lah...

Jam 17:20 Obat tHermal  dimasukkan ke dubur . :p

Jam 17:30 masuk ke ruang tunggu radiologi.
* Test alergi (aku paling tidak suka bagian ini,,, karena biasanya sakit ) disuntik di bawah kulit buat test alergi tidak pada obat tertentu.
*lalu disuruh ganti baju operasi....hehe

Saat aku HSG Untung semua petugasnya cewek, jadi tidak canggung.
Tapi kalaupun cowok jg tidak apa-apa, toh semua adalah tenaga medis.
Saat itu suamiku tidak boleh menunggu di dalam ruangan, jadi si cinta nunggu di depan ruang tindakan. hehehe....

Pukul 18:20 Dokter mulai beraksi.
Proses HSG yang aku jalani seperti proses HSG umumnya.
Hasil gambar untuk Alat HSG







Pertama sebuah alat menyerupai kateter dan selang dimasukkan melalui vagina. Tapi tenang saja, asal bunda rilex, tidak sakit kok.
Lagian obat bius sudah mulai bekerja, jadi tidak sakit, hanya ngilu biasa.
Setelah itu, Dengan menggunakan suntikan yang 3cc , dokter mulai memasukan cariran kontras.
Saat cairan masuk, tidak ada rasa sakit. Cuma sedikit ngilu.

Setelah cairan masuk,  barulah difoto Rongent pada bagian Rahim dan sekitarnya.
Kira-kira saat itu 3 kali fotolah saya... hehe.

Sudah. Selesai, Gitu aja... Lalu selang kateter diambil dan dilePAS.

Secara keseluruhan tidak ada rasa sakit. Padahal kalau browsing di Internet, katanya sakit banget...
Tapi ya Puji Tuhan hal itu tidak aku rasakan.
Semua tergantung dari badan orang kok... jadi tidak bisa disama ratakan ya.

Lalu hasil HSG bisa keluar saat itu juga,
Aku dan suami nunggu sekitar 30 menit untuk keluar hasilnya.
Dan seperti yang kuharapkan.
Tuba kiriku Patent. Alias lancar...

Hal itu bisa dilihat dari jumlah cairan yang meluber keluar (di hasil HSG).
Selanjutnya. konsultasi ke dokter H sambil membawa hasil HSG.
Hari ini saya sangat bersemangat karena semua berjalan dengan baik.
Semua berjalan dengan lancar.
Walaupun harus menjalani banyak proses, tapi tidak apalah... semua butuh perjuangan. Termasuk untuk mempunyai anak.

"Semua dijalani dengan senyum. Walau ada khawatir, semua pasti seturut ehendak Tuhan. Jadi percaya sajala."

Jumat, 15 April 2016

Diathermy Kandungan

Key Point
     Diatermi di cikarang
     Diatermi di rumah sakit
     Terapi diatermi 
     Usaha untuk hamil

Diatermi (diathermy) merupakan salahsatu tindakan fisioterapi dengan menggunakan suatu alat fisioterapi.
Proses diatermi berupa pemanasan pada jaringan tertentu mengunakan alat dengan frekwensi tinggi.
Bagi bunda yang akan terapi diatermi untuk kandungan, diatermi sendiri mempunyai banyak manfaat,
diantaranya adalah untuk relaksasi otot, penyembuhan infeksi di saluran telur, dan tujuan lain yang mungkin bisa bunda tanyakan ke dokter kandungan bunda.

Secara detail tentang diatermi bunda bisa baca di beberapa sumber berikut.
http://adeputrasuma.blogspot.co.id/2013/07/short-wave-diatermi-swd_6288.html

Bagi saya yang mempunyai riwayat kehamilan ektopik(KE), Diatermi merupakan langkah antisipasi agar Kehamilan Ektopik tidak terulang lagi.
Namun biasanya yang lebih penting bagi bunda yang pernah mengalami riwayat KE adalah HSG.
Bagi saya, setiap langkah antisipasi perlu dicoba selama masih bisa diusahakan.
Ya... paling tidak untuk menjemput Anugrah Tuhan untuk memperoleh Buah hati, kita harus Ikthiar kan...

Setelah HSG. dokter saya menyarankan untuk terapi diatermi.
Tujuan khusus bagi saya tidak lain adalah untuk membuka apabila ada penyempitan Saluran tuba, menyembuhkan (kalau ada infeksi) di saluran tuba.

Diatermi dilakukan 10 kali setiap sesi (satu paket 10 kali). yang dilaksanakan 10 hari berturut-turut.
Kebutuhan bunda untuk terapi , apakah bisa 1 kali sesi atau harus sampai 3 kali sesi, tergantung dari diagnosis dokter dari hasil HSG.

Diatermi sendiri dilakukan di bagian FISIOTERAPI.
pelaksanaannya diakukan oleh petugas fisioterapi.

Untuk itu, saya mencoba mensurvey beberapa Rumah sakit di sekitar tempat domisili saya.
Mengingat diatermi harus dilakukan 10 kali berturut , jadi saya mencari RS yang dekat dengan tempat tinggal, agar bisa dilaksanakan pulang kerja di setiap harinya... jadi tidak terlalu repot dan capek.

Berikut biaya diatermi di RS Daerah Cikarang Bekasi (per 1 kali terapi, belum termasuk pendaftaran dan lain-lain)
1. RS Harapan Keluarga                                : Rp   60.000,00
2. RS Mitra Keluarga                                     : Rp   96.000,00
         Sebelum terapi harus konsultasi dulu dengan dokter fisioterapi untuk menentukan berapa kali terapi.
3. RS Siloam Lippo Cikarang                         : Rp 150.000,00
4. RS Permata Keluarga Lippo Cikarang        : -
5. RS Hosana Medika Lippo Cikarang           : -
6. RS Elisabeth Bekasi                                   : belum ada

Update April 2016

Untuk seperti apa detail prosesnya, akan saya post secara terpisah....

God Bless you all....
Semoga Tuhan menguatkan kita sampai kita memperoleh karunia dariNya


Diatermi Di Harapan Keluarga
Jam 08.00 pagi - 09:00 malam

Aktual diatermi 20 menit
Syarat. selesai haid, (H+6) bukan masa subur.
Saat aku diatermi
settingan Diathermi 

Minggu, 10 April 2016

HSG di Cikarang (Bekasi)

Key Point :
         HSG Cikarang
            Biaya HSG
            Biaya HSG Harapan Keluarga
            Biaya HSG Permata Keluarga
            Biaya HSG Mitra Keluarga
            Biaya HSG RSIA Amanda
            Biaya HSG Hosana medika 

HSG atau Hystero Salpingo Graphy biasa dilakukan untuk mengecheck kondisi dari saluran reproduksi wanita. Hal yang bisa diketahui dari hasil HSG antara lain mengenai kondisi saluran Tuba Falopi kita, apakah baik atau tersumbat.

Tidak ada salahnya bagi bunda yang merencanakan kehamilan melakukan HSG, terutama yang telah mempunayi riwayat keguguran, BO, atau Kehamilan ektopik.

Sakit HSG?
Bunda tidak perlu khawatir pada rasa sakit saat HSG, karena rasa sakit HSG variatif tergantung dari kondisi si ibu sendiri. Jadi bukan sebuah patokan bahwa HSG pasti sakit dan mulas.

Oleh siapa?
HSG Di Rumah sakit tidak dilakukan oleh dokter kandungan, melainkan oleh dokter Radiologi.
Jadi polokliniknya pun di Radiologi.

Kapan?
HSG dilakukan antara hari ke 9 - ke 12 dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT).
tujuannya agar saat HSG, tidak mengganggu ovulasi.

Syarat umum?
Sebelum HSG bunda ridak boleh berhubungan badan dengan suami dahulu (dari HPHT sampai hari ke H HSG).. Jadi bunda harus bersabar ya.
Tujuannya agar Rahim dan ogen reproduksi benar-benar dalam keadaan bersih serta memastikan si ibu dalam keadaan tidak hamil.

Berikut ini referensi beberapa RS di daerah cikarang serta biaya HSGnya. Lihat update catatan di bawah.


Biaya HSG tersebut belum termasuk biaya obat dan pendaftaran.
Update Maret 2016

Satu lagi tambahan HSG di RS Elisabeth Bekasi = Rp 900.000,00

Update 2017 akhir.
rumah sakit Harapan Keluarga sudah tidak melayani HSG.
Rumah Sakit Amanda : Melayani HSG = RP 1.000.000,00 an

Ilustrasi vidio 



Untuk lebih jelas ibu bisa buka di tautan berikut:
http://www.programkehamilan.net/mengenal-apa-itu-test-hsg-saat-program-hamil/


Semoga bermanfat.........

Jangan pernah takut merasa sakit,
karna dengan sakit kita benar-benar akan mensyukuri betapa nikmatnya sehat.

Tidak ada perjuangan yang sia-sia.



















Senin, 29 Februari 2016

Kehamilan Ektopik (KE) dan Kehamilan Ektopik terganggu (KET)

Key point :
      Kehamilan Ektopik
      Operasi Laparostomi
      Satu Tuba Falopi


Tidak pernah terbayang bahwa suatu hal ini akan terjadi padaku.
Setelah melewati kehamilan pertama dengan kuret di usia 12W.

Sekarang aku harus mengalami Kehamilan Ektopik.

Kedua hal itu bukanlah suatu yang harus disesali atau bahkan diratapi. Tapi untuk sebuah pembelajaran dan untuk berbagi.

27 Februari 2016 
Siapa wanita yang tidak bahagia jika mengetahui dirinya hamil?
Begitu pula aku, begitu bahagia saat mengetahui hasil Test Pack bahwa positif hamil,
Namun harapan itu perlahan hilang saat muncul flek coklat di awal kehamilanku ke dua ini.
Flek yang akhirnya mengarah ke diagnosa bahwa aku hamil diluar kandungan.
Hari ini , sabtu 27 Feb 16 aku periksa ke dokter kandungan yang biasa aku datangi.
Aku sudah mempersiapkan hati untuk setiap hal terburuk yang terjadi nanti.
Mungkin ini naluri seorang wanita ya, aku sudah  merasa ada yang tidak beres dengan kehamilanku ini.
Sudah beberapa hari aku browsing dan membaca artikel kesehatan untuk keadaan yang aku alami ini....
Walau aku memprediksi bahwa kandunganku tidak sehat, namun aku tidak mau mendahului kehendak Tuhan atau merasa lebih pandai dari dokter kandungan ...

Hari ini juga aku didiagnosa bahwa kehamilan ektopik.Dokter menyarankan agar segera dilakukan tindakan operasi untuk mengambil janin ini. 
Operasinya termasuk operasi besar, namun seperti operasi usus buntu kata dokter.
Syok juga mengetahui keadaan ku ini, terpikir olehku kenapa harus aku mengalami hal ini lagi?
Saat itu kulihat wajah suamiku lebih syok dari aku,... maka aku berusaha setegar mungkin.
Dan mungkin aku lebih siap dengan berita ini karena dibekali oleh pengetahuan lebih mengenai kehamilan.
Dokter berusaha menghibur kami, namun terlihat jelas bahwa dia turut prihatin dengan keadaan kami.
Ya,,, mungkin ini memang kami yang harus lebih bersabar untuk menerima anugrah dari Tuhan.

Sepulang dari Periksa,
Langsung saya mencari informasi mengenai biaya operasi KET.
Bertanya kesana-kemari. Ke HRD Perusahaan, ke asuransi, ke Rumah sakit, bahkan ke BPJS.
Bukannya pelit untuk kesehatan, namun tidak ada salahnya mencari biaya terjangkau, karena aku yakin masih banyak biaya lain yang menanti diluar sana, masih banyak perjalanan yang saya harus lewati setelah operasi...

Dan setelah urusan keuangan selesaiii.... akhirnya saya dan suami memutuskan untuk mengambil tindakan di kampung halaman saya di Klaten.

Minggu 28 Feb 16 siang ,  saya dan suami langsung pulang ke Klaten. Selama perjalanan Puji Tuhan tidak ada keluhan apapun.

29 Feb2016 
01:00 kami tiba di rumah ibu saya.
06:00 Saya diantar suami ke RS Soeradji Tirtonegoro Klaten.
Sesampainya di RS, langsung masuk IGD.
Kemudian bidan datang menanyakan keluhan-keluhan, dilakukan test Urin dan test darah...
selanjutnya saya terbaring di tempat tidur di IGD sampai dokter kandungan yang menangani saya datang.

Sekitar pukul 09:00 dokter datang,
Saya pun diobservasi.
USG. dan ternyata belum terlihat adanya kehamilan ektopik. Dokter belum bisa memastikan dengan adanya tindakan operasi atau tidak. Dokter menyarankan usg transV dahulu.
Kebetulan di IGD, tidak ada yang trans V, jadi aku harus mengantri untuk di priksa di Poliklinik....
Menunggu...dan menunggu lagi....

Pukul 10:00 aku dipanggil ke poli untuk Trans V.
Sudah benar-benar seperti orang sakit...karena tidak ada kursi roda, saya dibawa pakai tempat tidur...
setelah trans V, dokter bilang bahwa memang harus dibedah..
Haduuuhh... benerkan..setelah diobok-obok sana sini. akhirnya tetap operasi.
Alhasil dari poliklinik langsung deh di dorong balik ke IGD.

Sambil menunggu persiapan OK (Kamar operasi) aku dibawa ke IGD.
Sambil menunggu... aku mulai dilucuti pakaianku. Disuntik test alergi, dipasang kateter (ini yang paling aku tidak suka...ngiluu...), lepas semua perhiasan, disuntik antibiotik, pasang infus....

Disinilah ketegangan dimulai,
suamiku yang selalu menemaniku tampak tegang dan khawatir melihat aku mau operasi.
Tapi akunya malah biasa saja... hehehe...
jam 12 tepat aku didorong masuk kamar operasi.
Hawa dingin kamar operasi begitu terasa. auranya mulai membuat ak sedikit deg-degan. 
Ini pertama kalinya aku masuk kamar operasi.

Namun semua ketakutan sirna karna aku berusaha ngobrol dengan petugas2 yang akan mengoperasiku.
Sebisa mungkin ngobrol boar tidak tegang.
Untung semua petugas sangat ramah. 

Lalu, akupun dibius spinal. Disuntik di punggung . aku kira akan sangat sakit. tapi ternyata tidak sesakit yang aku bayangkan. cuma sedikit ngilu.
Perlahan lahan kakiku kesemutan dan sampai pingggang sudah tidak terasa apa-apa lagi.

Operasipun dimulai.
30 menit operasi berlangsung.
Aku bisa menyaksikan saat perutku dibedah, (lumayan ngeri sih) tapi aku penasaran sekali...
dasarnya aku orangnya nekat...hehe

Lalu ditunjukkanlah potongan organku oleh dokter.
Sepanjang 2 cm saluran tuba falopi ku dipotong.
Sedih banget lihatnya...
Yang berarti aku hanya mempunyai separuh organ reproduksi.
khawatir tidak? Ya pasti !!!
wanita mana yang tidak kawatir kalau hanya punya sepauh kesempatan hamil? 
belum punya anak pula.

Tapi, semua kembali kepada Tuhan. Kupasarahkan padaNya.
Aku akan menjalani dengan bahagia.
Karna satu hal kuingat tentang pernikahan kami. 

Puji Tuhan operasi berjalan lancar.

Saat dibawa keluar ruang operasi, sudah ada suami , orang tua , dan kakek nenek ku.
Lega rasanya bisa keluar ruangan dingin itu ....

Dan sejak itu dimulailah masa penyembuhan.
5 jam setelah oparasi tidak boleh gerak
12 jam setelah operasi belajar menggerakkan kaki.
24 jam setelah operasi belajar duduk.
Setelah itu belajar jalan, dan kateter dilepas...

Semua berjalan normal. Rasa sakit bisa diatasi karena ada obat penahan rasa sakit.

Seminggu di rumah sakit, seminggu di rumah,
kemudian kembali lagi ke tanah rantau...

Memulai perjuangan kembali,........

Sebelum pulang ketemu dokter yang mengoperasi dulu , Dr Moh Munir Spog (K).
Dari pertemuan dengan dokter hasilnya :
1. Luka sudah bagus, namun benang (terutama yang di bagian organ dalam) akan benar2 menjadi daging sekitar 100hari.
2. Banyak makan telur (6 butir per hari), putihnya saja. karena kuning telur tinggi kolesterol.
3. Tidak ada pantangan makan apapun. makanlah yang bergizi biar luka lekas pulih.
4. Jangan berhubungan badan selama setidaknya 30-40 hari (selama masa nifas) agar perut tidak banyak goncangan.
5. Lakukan HSG saat akan merencanakan kehamilan lagi.
6. Lakukan saja aktivitas. Namun tidak boleh aktivitas berat.
7. Silahkan program hamil setelah 3 bulan.
8. Selama 3 bulan pakai KB kondom saja, jangan kb pil atau suntik. pilih yang alami saja agar tubuh menyesuaikan diri dengan baik.

Tahap ini sudah selesai...
akan ada tahap lagi untuk proses menjemput anugrah dari Tuhan....

Semua proses yang bagi sebagian orang sangat menyakitkan ini aku jalani dengan bahagia, karna aku tahu ada suami yang sangat mengkhawatirkan aku melebihi segala mimpinya segera menimang buah hati.
Baginya, kesembuhanku adalah yang utama. karna itu aku harus bahagia...

Ada keluarga dan orang dekat yang selalu mendoakan kami.....

Tetaplah berbahagia, karena itulah tujuan pernikahanmu.









Minggu, 28 Februari 2016

Flek coklat - hitam saat Hamil muda

Setelah periksa ke dokter tgl 20 Feb 16, saya dinyatakan hamil. Tapi usia masih sangat muda kehamilannya. Yang terlihat hanya penebalan rahim.
Mungkin Baru 4 minggu usia kehamilan. Atau 2 minggu usia janin.

Kemudian saya diberi obat penguat kandungan dan asam folat olah dokter.
Katanya sih bikin mual.
Tapi sampai saat ini tanggal 23 Feb 16 , saya tidak mengalami gejala mual.
Saya jadi berpikir apa memang kondisi tubuh saya yang "berbeda" atau ada "kejanggalan" dalam kehamilan saya....
Ah... saya mencoba bersabar dan menikmati keadaan....hidup sehat .

22 Feb 16
Karena merasa bahwa tidak ada keluhan apapun di kehamilan saya,
Maka saya tetap bekerja seperti biasa.
Pagi hari saat saya kerja, muncul flek coklat bening.
Saya tenang-tenang aja . Saya pikir itu flek normal saat hamil.(Sesuai dengan artikel yang saya baca di internet sihh.... hehe)
Tapi siangnya saat buang air kecil, muncul darah seperti haid tapi lebih gelap (cenderung coklat).
Saat itu saya mulai deg-degan... Kenapa ini ya Tuhan... saya merasa ada yang aneh dengan hal ini.
Saya bekerja di ruangan ber AC, sehingga saya sangat banyak minum air putih. sehari bisa bergelas-gelas air saya minum. Hal itu membuat saya sering ke toilet, dan sebelum pipis saya lap area kewanitaan dengan tissue, saya lihat flek coklat semakin banyak.
Semakin cemas .... tapi tetap stay calm dulu karna masih di kantor.....

Kemudian saya pun memakai pembalut karena merasa kok flek ini banyak banget ya....
Dalam hati udah cemas gak ketulungan, tapi di luar tetep stay cool....
Browsing sana sini.... (makin paniiiikkkk).
Sampai sore, kira-kira 20% pembalut udah penuh darah coklat.

warnanya beda dengan darah haid, aromanya juga beda dgn darah haid (ini tidak anyir).

Karena makin galau, maka saya memutuskan untuk SMS Dokter yang menangani kehamilan saya.
Sms Pak dokter,
"Dok kok saya flek tapi lebih mirip haid ya? warnanya coklat cenderung hitam? apa saya masih hamil atau kenapa ya? mohon pencerahannya." sms saya.
Pak dokter pun membalas , "Mbak bisa TP lagi untuk memastikan hamil apa tidak."

Pulang kerja ....
Pas ketemu suami udah deh, langsung mewek.... Rasanya sedih banget.
Nangis sampai ketiduran.

23 Feb 16
Pagi hari udah tidak flek. Testpack Positif 2 garis. Sedikit lega dalam hati, berarti aku masih hamil.
Tapi siang si darah coklat mulai lagi..... Tapi dah nggak coklat. Tapi cenderung hitam.
Makin panik dalam hati....Huaa......
Tiap buang air kecil pasti aku check pakai tissue. Warnanya cederung coklat tua atau hitam.
dan volumenya kaya kemaren.(So sad......)
Tidak ada rasa nyeri di perut. Tidak mual. Tidak pusing. Tidak ada gejala apapun.
Kecuali perut sering mulas pengen Buang air besar (BAB).

Akhirnya sms dokterku.
"Dok, Flek saya coklat cenderung hitam. Jadwal kontrol saya tgl 5 Maret. Saya tunggu tanggal itu atau gmn ni dok?"
Si pak dokter balas sms saya, "km bedrest dulu saja, lalu usg lagi hari sabtu"/
Duhhhh.... dah khawatir banget nih.........Pengen buru-buru hari sabtu.

Dalam hati udah persiapan mental lagi .
Perasaan udah nggak karuan.
How if......?
     BO....?
     Ternyata hamil palsu. lalu dinding rahim gugur...?

Ya.... Aku mulai mempersiapkan hati dan mental. 
Tuhan yang punya Kuasa. Apapun yang terjadi tidak ada yang diluar kehendakNya.
   
24 Feb 16
Pagi-pagi aku TP lagi.... Masih 2 garis samar.
Karena flek coklat belum berhenti (sampai sekarang sudah 3 hari) aku memutuskan mengurangi aktivitas.
Apapun itu....
aku kurangi jalan kaki,,,, aku sudah tidak mengurus pekerjaan rumah ( :) thank buat suamiku yg ekstra baik....)

25 Feb 16
Felek coklat masih muncul.... :(

26 Feb 16
Aku putuskan untuk tidak masuk kerja, diam saja di rumah. bed rest total kali ini.


27 Feb 16 
Hari ini hari sabtu, ada kegiatan di kantor.
Pagi banget sudah bangun lalu TP lagi.. Hasil masih 2 garis... Lalu cepret...aku foto.
Lalu aku siap-siap berangkat ke kantor.
Karena kupikir kegiatannya cuma duduk sambil dengerin ceramah, ya okelah aku masuk....
Karena punya jadwal kontrol sore ini, aku telp dulu ke reservasi Rumah Sakit.
Kata mbaknya, aku dapat nomer 18.
OMG.... 18 itu banyak banget lohhhh...... Tapi katanya kalau saya datang awal, dan ada nomer kecil yang kosong, bisa maju nomernya.
Jadi sistem di rumah sakit itu, buat yang reservasi via telp akan diberi nomer diatas 15.

Sorenya setelah training selesai jam 04:00 langsung cuuuusss ke RSIA Amanda kontrol sama dokter.
Dan ternyata masih sepi saudara-saudara....seneng deh.
Setelah daftar ulang, ternyata dapat nomer 3.
Puji Tuhan gak pake nunggu lama...

Saat nunggu, aku bilang ke suamiku."Mas, seandainya aku tidak hamil. Maaf ya.... Tolong mas juga persiapkan hati". Aku ngomong seperti itu karena perasaanku tidak enak.
Jantungku tidak mau tenang. Aku cuma ingin menghadapi apapun nanti sekuat mungkin.

Jam 17:30 Dokternya datang... setelah dipanggil pasien no 1... nomor 2....kini giliranku.

Oh Tuhan...Kuatkan kami berdua untuk apapun yang terjadi setelah ini.