Rabu, 13 September 2017

PAKET ASI UNTUK BUAH HATI

#ibuLDR
- Paket ASI 12 jam
- Pengiriman asi Cikarang-Solo

Salam bunda-bunda semua ...
setelah OFF cukup lama dari dunia tulis menulis, akhirnya saya sempatkan berbagi pengalaman melalui tulisa-tulisan saya di blog ini.

Sebagai ibu yang LDR (Long Distance Relationship) dengan buah hati,
saya harus memikirkan bagaimana agar anak saya ASI ekslusif.
Saya termasuk ibu yang tidak terlalu pakem dalam aturan. Tapi saya semaksimal mungkin memberi yang terbaik pada anak saya.

Semaksimal mungkin memberi ASI, namun kalau tidak cukup ya sudahlah,,, disambung sufor.
Dan..Puji Tuhan, ASI lancar sampai saat ini.

Sedikit riview, saya dan suami bekerja di cikarang, dan anak kami tinggal bersama orang tua di Klaten.
Kami memutuskan hal tersebut dengan berbagai pertimbangan yang nanti akan saya ceritakan tersendiri.

LDR tapi tetap ASI?
Apakah bisa? itu pertanyaan saya... dan saya niatkan ...YA!!! HARUS BISA.

Klaten - Cikarang = 513km.
Perjalanan darat = 9 Jam (Kalau pakai mobil pribadi dan jalan sangat lancar, tapi rata-rata 10 jam).

Solusinya?
saya paketkan ASI saya.

Caranya?
Setelah browsing sana sini, akhirnya saya mulai trial untuk paket ASI dengan mengunakan angkutan darat.
dengan pertimbangan domisili saya sangat jauh d
ari bandara dan stasiun.
jadi yang paling logis adalah lewat darat.
Pakai armada apa?
Saya memilih menitipkan BUS Malam. Kebetulan yang saya pilih adalah PO HARAPAN JAYA.
Berangkat dari cikarang jam 14:00 . sampai di kartosuro (solo) jam 02:00.
Karena pool masih tutup jadi, keluarga saya harus menunggu bus di persimpangan .

Crew Bus akan menghubungi Keluarga saya untuk memberi estimasi kapan sampai di tempat pertemuan.







Apakah ASI tidak mencair?
Oh.... tidak semudah itu mengirim ASI.
Tingkat cair ASI berbeda dengan ES batu. kenapa? karena ASI adalah susu yang mengandung Gula.
Jadi ibarat menjaga es susu atau es cream agar tetap beku, maka suhu harus lebih dingin.

Saya sudah melalukan trial dahulu sebelum melakukan pengiriman reguler ASI.

Pengiriman Pertama :
Armada : Mobil pribadi. Box diletakkan di mobil bagian belakang.
Media : 2 buah Sterofoam Box ukuran 5 Liter
Lama Perjalanan : 14,5 jam
Waktu perjalanan : mulai packing pukul 01:00 . Sampai tempat tujuan 15:30
Cuaca : Panas
Hasil akhir : 80% beku. 10% setengah beku, ada yang mencair. 10% mencair.

Pengiriman Ke-2:
Armada : Bus (PO. Harapan Jaya). Box diletakkan di bagasi
Media : 2 buah Sterofoam Box ukuran 5 Liter. Dimasukkan ke dalam 1 buah sterofoam box besar.
Lama Perjalanan : 13 jam
Waktu perjalanan : mulai packing pukul 13:00 . Sampai tempat tujuan 02:00
Cuaca : Panas di siang hari
Hasil akhir : 97% beku. ada yang mencair. 3% mencair.

Pengiriman ke-3:
Armada : Mobil Pribadi.  Box diletakkan di mobil bagian belakang.
Media : Termos Nasi/Es model Tabung. Merk Lion star. Kapasitas 15L.
Lama Perjalanan : 13 jam
Waktu perjalanan : mulai packing pukul 19:00 . Sampai tempat tujuan 08:00
Cuaca : Cerah dimalam hari
Hasil akhir : 100% beku.

Pengiriman ke-4:
Armada : Bus (PO. Harapan Jaya). Box diletakkan di bagasi
Media : Termos Nasi/Es model Kotak. Merk Lion star. Kapasitas 18L.
Lama Perjalanan : 13 jam
Waktu perjalanan : mulai packing pukul 13:00 . Sampai tempat tujuan 02:00
Cuaca : Siang hari terik . Cerah dimalam hari
Hasil akhir : 100% beku.

Akhirnya saya suggest memakai termos boks kotak.
Ternyata emang lebih tahan lama. So far so good lah... ada harga ada rupa.

Harga
Termos Boks kotak . Lion Star seri Marina . (Ada penguncinya) : Rp 276.000
Termos Boks Bulat . Lion Star seri Harvest . (Ada penguncinya) :Rp 170.000 - 200.000
Sterofoam kecil 5L : Rp 22.500-30.000
Sterofoam besar      : Rp 35.000 - 40.000

(Harga pembelian dari solo. Kalau ada bunda yang mau titip beli, bisa hubungi saya. Nanti saya bantu belikan)

Penampakan 
Termos nasi Lion Star 15L
Termos Nasi Lion Star 16S.

Sterofoam boks besar dan kecil

Untuk sterofoam Boks.
Bagian luar dan dalam dilapisi lagi dengan menggunakan Alluminium Foil yang berupa isolasi.
Tujuannya agar suhu ruang tetap terjaga.















Catatan dalam pengemasan.
1. Suhu dingin dan panas merambat melalui media termasuk sterofoam boks. Jadi untuk lebih aman. Pada dinding dalam Boks beri es Gel, es pack, atau es batu. Tujuannya agar Kantung ASI tidak bersentuhan dengan media pengiriman. Perlu diingat bahwa Kantung ASI lebih mudah mencair daripada Media pendingin (es gel, espac, es batu) karena ASI mengandung gula dan komponen lain.
Beri lapisan  media pendingin pada dinding kanan, kiri, bagian atas , dan bawah boks.
2. Prinsip dari pengemasan. dan penataan agar suhu dingin terjaga adalah dengan meminimalisir ruang udara di dalam boks.
Jadi sedemikian rupa, isi ruang kosong dengan menggunakan es batu atau es gel. Bunda bisa membuat es batu kecil-kecil dibungkus plastik untuk mengurangi ruang kosong tersebut.
Semakin padat isi boks, semakin lama suhu dingin bertahan.
3. Tutup Boks dengan Rapat agar tidak ada udara luar masuk. (sesuai dengan prinsip no 2).

Tambahan :
Saya memilih menggunakan kantung ASI karena :
Kapasitas Freezer saya kecil dan tidak ada freezer khusus ASI. jadi kantung ASI menjadi hemat tempat.
Tapi kekurangannya yaitu
a.   MAHAL..hiks..... hiks.... sekali pakai buang. Boros banget saudara saudara. Makanya saya rajin browsing online untuk cari promo Kantung ASI. apalagi kalau ada free ongkir. rumayanlah.
 b. Gampang mencair di suhu ruang. Jadi untuk packing pengiriman harus lebih hati-hati. Tapi ini juga keuntungan lho dalam penyajian . karena untuk mencairkan lebih cepat, jadi bayi tidak perlu menunggu lama sampai ASI hangat. hehehe ... cukup membantu kedua orangtua saya saat menyiapkan ASI buat si adek.

Buat ibu-ibu kalau mau pakai Botol kaca, juga boleh. Cuma ya itu....boros tempat.


Untuk management ASI dan stok ASI saya. Akan di post di judul yang berbeda ya.

Biaya Kirim ASI Cikarang - KARTOSURO : Rp 70.000

Dan sampai sekarang sudah 4 kali pengiriman yang tergolong sukses dan aman.
Untuk pengiriman berikutnya saya tetap penggunakan model pengiriman dengan Termos Nasi Kotak dan double sterofoam boks.

Semoga di musim kemarau , pengiriman tetap lancar. dan ASI untuk buah hati tetap terjamin.
LDR bukan hambatan untuk mengASIhi.


"Jalanilah Hidup dengan Bahagia dan Syukur. Tuhan memberikan padamu apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang kamu inginkan. Seandainya ada orang lain yang bertanya padamu tentang dirimu, bahkan hal yang tidak menyenangkan atau belum terwujud, ceritakan saja. Mintalah mereka mendoakanmu, agar harapanmu itu terwujud. Tidak perlu menutup-nutupi. Karena sejatinya, hanya Doa yang bisa melancarkan harapan. "

Dan saya mohon doa agar saya, suami, dan anak saya segera bisa berkumpul. tidak LDR lagi.... 
amin

1 komentar:

Budayakan berkomentar dengan baik