Rabu, 13 September 2017

Riview Kantung ASI

Kantung ASI MOMO Symphony
Kantung ASI MOMO clasic
Kantung ASI Natur
Kantung ASI GABAG 100ml

Halo selamat siang ibuk-ibuk pejuang ASI.

kenapa saya sebut pejuang, Karena memberi ASI pada bayi adalah perjuangan.
Ya... iyalah... gimana gak berjuang?
Semua ibu pasti mengalami punting Lecet, Payudara bengkak, Bra sesak,  ASI rembes ke baju, Bangun tiap jam buat menyusui , dan banyak lagi hal yang memang membutuhkan perjuangan.

Ada yang bilang ASI itu paling murah....
Eeeehhh..... jangan salah ya buk ibuk,,,, buat saya ASI itu mahal lho.
Lebih mahal dibandingkan Susu Formula??? Hhhhmmm..... bisa jadi iya, bisa tidak.

Kalau buat saya, termasuk mahal lho. Kok mahal?
Ya iyalah. Kalau si ibu lagi sakit, bad mood, atau suasana hati jelek. jumlah ASI menurun lho.
trus buat naikinnya ya butuh biayalah... me time.
bisa belanja, ke salon ( Kalau saya gak pernah sih.. hehehe), makan makanan kesukaan (ini favorit ...), atau jalan-jalan .
Mahal mana sama beli sufor??? Relatif kannn....

Oke, back to riview Kantung Asi.

Sebagai new mom , saya pengen bagi pengalaman saya di dunia digital ini tentang kantung ASI.
Selain sebagai ibu baru, pejuang ASI. saya juga baru saja menyandang gelar MamaPerah. Lhooo...emang cuma sapi yang diperah?
Mama perah itu keren lho. Butuh perjuangan banget. Gimana tidak berjuang? tiap 2-3 jam atau reguler harus pumping.
Cari tempat aman buat pumping.
Numpang sana-sini buat pumping. Bawa perlengkapan pumping kalau mau pergi lama. etc...
Perjuangan banget deh pokoknya....tapi enjoy it.

Sedikit cerita, saya LDR sementara dengan bayi saya. jadi saya stock ASIP beku untuk dikirim ke bayi saya. Untuk proses pengirimannya bisa dilihat di judul berbeda ya (disini)

Next...
Jadi, saya harus mendapatkan media yang cocok untuk mengirimkan paket ASI saya.
Pilihannya adalah BOTOL ASI atau KANTUNG ASI.
setelah mempertimbangkan plus minus dari masing-masing, akhirnya saya memilih KANTUNG ASI.

Keuntungan memakai kantung ASI :

  1. Lebih hemat tempat di freezer dibandingkan botol
  2. Lebih hemat tempat saat pengiriman.
  3. Lebih ringan saat pengiriman
  4. ASIP beku lebih mudah mencair saat akan disajikan ke bayi.
  5. ASIP lebih cepat dingin saat di cooler bag sebelum dimasukkan freezer.
  6. Ada berbagai ukuran kantung ASI, jdai bisa menyesuaikan.
  7. Ada motif yang lucu-lucu....
Kekurangan memakai kantung ASI :
  1. Sering ada kebocoran apabila penyimpanan tidak hati-hati.
  2. Lebih mudah mencair saat proses pengiriman.
  3. Invertasi biaya lebih mahal dibandingkan BOTOL ASI yang bisa dipakai lagi.
  4. Kantung ASI hanya sekali pakai = lebih mahal.
  5. Tidak ramah lingkungan karena banyak kantung asi bekas.
Banyak merk KANTUNG ASI yang beredar di indonesia.
Walau prinsip dasarnya sama yaitu menyimpan ASI. tapi ternyata beda-beda rasanya lho moms...
Ya.. seperti sepatulah.... tujuannya sama tapi modelnya beda-beda.
berikut akan saya riview kantung ASI yang pernah saya pakai.

1. NATUR
Kantung asi ini sangat populer di kalangan emak-emak.
Kapasitas  : 240 ml
Ziper         : Double 
Ketebalan  : Rata-rata
Keuntungan : Saat dibekukan dengan posisi tidur, hasilnya bisa Datar. jadi untuk penyimpanan bisa ditumpuk banyak.
Harga        : 1 Pak isi 30pcs. Di toko rata-rata 50Rb. Online bisa 39rb.


2. MOMO CLASIC
Kantung asi ini mirip mirip NATUR
Kapasitas  : 180 ml
Ziper         : Single 
Ketebalan  : Rata-rata
Keuntungan : Saat dibekukan dengan posisi tidur, hasilnya bisa Datar. jadi untuk penyimpanan bisa ditumpuk banyak.
Harga        : 1 Pak isi 30pcs. Di toko rata-rata 50Rb. Online bisa 29rb.
Cek @ shopee , Tokped, IG : Big Days Olshop

3. MOMO SHYMPONY
Kantung asi terbaru dari MOMO. 
Kapasitas  : 180 ml
Ziper         : Single 
Ketebalan  : Tebal (Lebih tebal dari momo clasic)
Keuntungan    : Bisa disimpan posisi berdiri.
Kekurangan    : Saat dibekukan dengan posisi tidur, hasilnya bisa menggembung di satu sisi. jadi untuk penyimpanan kalau ditumpuk banyak jadi miring karena licin.
Harga        : 1 Pak isi 30pcs. Di toko rata-rata 50Rb. Online bisa 35rb.


4. GABAG 100ml
Kapasitas  : 100 ml
Ziper         : DOUBLE
Ketebalan  : Tebal (Lebih tebal dari momo clasic)
Keuntungan    : Bisa disimpan posisi berdiri.
Kekurangan    : Saat dibekukan dengan posisi tidur, hasilnya bisa menggembung di satu sisi. jadi untuk penyimpanan kalau ditumpuk banyak jadi miring karena licin.
Harga        : 1 Pak isi 30pcs. Di toko rata-rata 50Rb. Online bisa 49rb

Foto perbandingan momo clasic vs momo shimpony.
Untuk Natur mirip Momo clasic ya hasil akhirnya.




Walau stok ASIP sudah banyak, masih perlu stok Gabag 100ml. Sebagai pelangkap kalau hasil pumping tanggung ya bu ibu...
dan kalau kantung kecil gini, bisa buat tambah-tambah penuh saat pengiriman ASI (khusus ibu LDR).

Kalau masih ragu mau pakai yang mana, moms bisa beli paket trial untuk coba-coba...

Kalau saya sebagai ibu yang pengan efisien , akhirnya memutuskan pakai semua... hahaha....
Cari yang ekonomis lah pokoknya. 
Cari yang yang promo ...
Ya....demi anak emang apa aja dikasih, tapi kalau bisa hemat kenapa tidak...

"hidup itu pilihan ya... Dan setiap pilihan itu harus ada pertanggungjawabannya. Jangan hanya memilih tetapi tidak menerima konsekwensinya. Seperti memilih dan berharap punya anak, jangan hanya memikirkan bahagianya saja. Perlu tanggung jawab besar untuk merawatnya.
Memberi ASI adalah salah satu tanggungjawab itu. Perjuangkanlah semaksimal mungkin. Bertanya pada orang lain tanpa malu, sharing tanpa ragu, bersabar dan mencoba tanpa putus asa. "




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan berkomentar dengan baik