Senin, 22 Februari 2016

Perencanaan kehamilan

Dear Calon Bunda semua,
yang saat ini masih nunggu Anugrah dari Tuhan.
Sama seperti saya yang masih menunggu kabar baik dari-Nya.

Sambil menunggu....tidak ada salahnya kalau menambah ilmu mengenai kehamilan.
Setelah Browsing-browsing dari berbagai sumber, akhirnya saya rangkum jadi satu mengenai apa saja yang sebaiknya dihindari jika merencanakan kehamilan.

1. JAUHI ROKOK
    Bila calon bunda punya kebiasaan merokok, mulai stop dari sekarang. Dan bila bunda bukan perokok, jauh-jauh dari perokok dan asapnya. Dari beberapa penelitian, asap rokok mengandung banyak racun.
Kalau di angkot atau di tempat umum ada yang merokok, Bunda menghindar saja.








2. Atur Pola Tidur
Hasil gambar untuk tidur    Tidur cukup untuk calon Ibu dan calon ayah menjadi sangat penting. Tidur cukup paling tidak 6-7 jam perhari. Jadi kalau pekerjaan anda membuat pola tidur anda berantakan, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain.







3. Jangan minum sembarang obat.
Hasil gambar untuk obatMeskipun anda sudah terbiasa dengan obat atau mungkin mengerti tentang obat, ada baiknya kurangi konsumsi obat-obatan. Kita tidak tahu bagaimana reaksi efek samping pada kesuburan.







4. Jauhi Pewarna, Pemanis, Pengawet
Hasil gambar untuk makanan minuman kemasan   Sebisa mungkin makan dan minum yang alami. Kurangi Mie , minuman dalam botol, minuman/makanan dalam kaleng, Kurangi konsumsi kopi berlebih.







5. Hati-hati mengkonsumsi makanan laut.
Hasil gambar untuk kerang hijau   Pastikan sumber dari makanan laut yang Bunda konsumsi. Bisa jadi makanan laut tersebut mengandung merkuri atau bahan berbahaya lainnya. Terutama : Kerang-kerangan (khususnya di wilayah jakarta, biasanya berasal dari teluk jakarta), ikan laut dalam, dll




6.Berhati-hatilah dengan Hewan berdarah hangat.
Hasil gambar untuk anjing   Beberapa hewan bisa menularkan virus dan penyakit. Antara lain Anjing, Kucing , Tikus, Burung , ayam. Sebisa mungkin jangan kontak langsung dengan hewan tersebut. Langkah antisipasi lebih baik daripada mengobati.







7. Pastikan makanan anda dimasak dengan benar.
Hasil gambar untuk daging mentah   Pastikan sayur yang dimakan mentah harus dicuci dengan bersih. Dan saat masak daging , pastikan dimasak dengan matang.








8. Hidup sehat dengan olahraga dan aktivitas
Hasil gambar untuk olahraga   Luangkan waktu untuk olahraga. dengan olahraga membuat tubuh lebih bugar. Selain itu, melakukan antivitas rumah tangga juga membantu membakar kalori bagi yang jarang bergerak.








9.Hindari stress
Hasil gambar untuk pertanyaan kapan punya anak
  Stess sangat rentan terjadi pada wanita. untuk itu sebisa mungkin buatlah hidup anda bahagia. Terutama jika orang-orang menanyakan "Kapan punya momongan?" . Berpikirlah positif bahwa mereka memperhatikanmu.





10. Luangkan waktu bersama pasangan.
Hasil gambar untuk pasangan    Kadangkala pasangan muda terlalu sibuk dengan aktivitas masing-masing. Ada yang mengenai pekerjaan, atau liburan. Seringkali hal itu membuat pasangan melewatkan waktu subur. padahal intensitas teratur berhubungan dengan suami menjadi faktor penting.




Semua hal adalah tidak pasti. Namun tidak ada salahnya untuk terus berusaha yang terbaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan berkomentar dengan baik